Minggu, 28 Oktober 2012

Struktur Sistem Windows

 Struktur sistem windows menggunakan Client/Server Model daimana layanan sistem operasi windows memproteksi subsistim, dan aplikasi-aplikasi adalah struktur penggunaan klien/server model komputasi, yaitu satu umum model untuk perhitungan terdistribusi dan yang didiskusikan di bagian enam. Arsitektur yang sama ini dapat diadopsi untuk mempergunakan internal ke satu sistem tunggal, seperti halnya kasus dengan windows.

Native NT API adalah layanan seperangkat dasar kernel yang menyediakan abstrak inti dipergunakan oleh sistem, proses seperti itu, threads, virtual memory, I/O, dan komunikasi. Windows menyediakan satu setelan jauh lebih kaya dari jasa dengan mempergunakan klien/server model untuk menerapkan kemampuan diproses mode pengguna. Kedua lingkungan subsistimdan jasa User-model Windows ditarapkan seperti proses tersebut berhubungan dengan klien melaui RPC. Masing-masing server proses menunggu satu permintaan dari satu klien untuk salah satunya dilayani (seperti service memory,layanan memproses ciptaan, atau layanan networking). Satu klien, yang dapat satu program aplikasi atau program server lain, permintaan satu jasa dengan mengirimkan satu pesan. Pesan ditaklukan melalui Eksekutif ke server yang sesuai. Server melakukan operasi yang diminta dan mengembalikan keterangan hasil atau status atas pertolongan pesan lain, yaitu taklukkan melalui Eksekutif kembali ke klien.

THREADS and SMP
Dua karakteristik penting dari Windows adalah ini mendukung untuk menyusupkan symmetric multiprocessing (SMP), keduanya diperkenalkan dibagian 2.4.[RUSS05] daftar-daftar itu dari Windows mendukungan THREADS dan SMP.
  • Compatible OS dapat berjalan pada prosesor apapun yang tersedia, dan yang berbeda dapat dilaksanakan secara bersamaan pada prosessor berbeda.
  • Windows mendukung pengguna dari multiple threads dari pengeksekusian diantara proses tunggal. Multiple Threads pada proses yang sam mungkin mengeksekusi pada prosesor berbeda secara serempak/bersamaan.
  • Proses server mungkin mempergunakan Multiple Threads untuk memproses permintaan dari lebih dari satu klien secara bersamaan.
  • Windows menyediakan mekanisme untuk berbagi data dan sumber daya diantara proses dan kemampuan komunikasi interproses.

Threads Windows
Windows menggunakan Win32 API sebagai API utama dalam hampir semua sistem operasi Microsoft. Selain itu Windows mengimplementasikan meodel relasi One-to-One, dimana terdapat satu kernel thread yang berasosiasi dengan masing-masing user thread. Thread pada Windows secara umum mempunyai komponen sebagai berikut :
  1. Thread ID
  2. Register set
  3. User stack dan kernel stack
  4. Private storage area.
Register set, Stacks dan Private dan Storage disebut sebagai Context dari sebuah Thread.
Srtuktur data utama dari sebuah Thread :
  1. ETHREAD (executive thread block)
  2. KTHREAD (kernel thread block)
  3. TEB (thread environment block)
Jadi untuk kesimpulannya
Windows dalam mengimplementasikan thread memakai model One-to-One. Sehingga Windows mendukung Multithreading. Win32 API adalah perpustakaan thread yang digunakan Windows. Stuktur data utama dalam trhead Windows : ETHREAD (executive thread block),EKTHREAD (kernel thread block) yang keduanya berada pada kernel-level dan TEB (thread environment block) yang berada pada user-level.

Struktur Sistem Windows

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host